Sabtu, 18 Mei 2019

Serunya Belajar Membuat Web di Bulan Ramadhan

Berkah di Bulan Ramadhan

Di bulan yang penuh berkah ini Tim Pengembang Profesi Guru TP2G bersama PGRI Kabupaten Lumajang mengadakan sebuah kegiatan Pelatihan IT dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan guru dalam bidang teknologi yang dapat diterapkan dalam dunia pendidikan agar pendidikan di Kabupaten Lumajang semakin terdepan. Pelatihan IT ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, pelatihan semacam ini telah sering dilakukan oleh TP2G bersama PGRI Kabupaten Lumajang mulai tahun 2016. Untuk Pelatihan IT yang akan berlangsung pada tgl 18 dan 25 Mei 2019 ini  merupakan pelatihan yang  ke 6.
Pelatihan IT yang ke 6 ini, dimulai pada pukul 07.30 yang bertempat di SMK PGRI Kabupaten Lumajang. Sebelum pelatihan dimulai acara secara resmi dibuka oleh Ketua PGRI Kabupaten Lumajang. Adapun beberapa pesan yang disampaikan salah satunya adalah Pelatihan IT ke 6 ini merupakan wujud nyata dari PGRI Kabupaten Lumajang yang terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi guru agar terus berkembang dan semakin profesional, dan juga dalam pesannya menyampaikan agar semua guru yang ada di Kabupaten Lumajang selalu menjaga kesolidan dan kekompakan organisasi PGRI yang sudah ada.
Setelah selesai acara pembukaan pelatihan IT ke 6, materi disamapaikan di ruang laboraturium komputer yang telah disediakan oleh SMK PGRI Kabupaten Lumajang. Ada beberapa materi yang akan disampaikan pada pelatihan IT ini dengan narasumber yang sangat berkompeten dan tidak diragukan lagi dibidang IT. Pada hari pertama ada beberapa narasumber antara lain Bapak Umar Tholib, Ustadz  M. Subakri, Ustadz Enjang Bayu Irawan. Untuk hari kedua ada Bapak Galih, Bapak Sochif, Ustadz Mochammad Ali Imron, Bapak Hariyanto dan Ibu Roro.
Untuk materi pada hari pertama Bapak Umar Tholib atau yang biasa disebut Kang Martho menyampaikan materi tentang bloger, beliau telah manjadi bloger sejak 2008. Dalam materinya Kang Martho menyampaikan beberapa manfaat dari ngeblog. Adapun beberapa manfaatnya antata lain sebagai sumber belajar, bisa mengupload berbagai materi, wadah interaksi guru dengan walimurid, menyimpan data, membantu orang lain melalui tulisan, amal jariyah dan masih banyak lagi manfaat yang dapat kita ambil. Kang Martho juga berpesan dalam menulis dalam sebuah blog ada beberapa hal yang harus diperhatikan, pertama dalam menulis harus dihindari copy paste, kedua sabar dan kerja keras, ketiga sering-sering berbagi melalui media sosial.
Untuk materi yang kedua, disampaikan oleh Ustadz M. Subakri. Pada materi yang kedua ini secara gatis besar materi berisi tentang pembelajaran e-tematik dan materi tentang bagaimana seorang guru membuat sebuah blog yang dapat digunakan sebagai sarana untuk belajar mengajar. Sementara untuk materi yang ketiga yang disampaikan Ustadz Enjang Bayu Irawan merupakan materi lanjutan dari materi yang kedua. Di mana dari materi tentang membuat sebuah blog secara gratis beralih membuat blog berbayar. Pada materi yang kedua dan ketiga ini akan saya ulas secara lengkap dan terperinci pada tulisan saya yang selanjutnya.
Adapun manfaat dari pelatihan IT ke 6 ini sangat besar sekali yang dapat saya rasakan. Di mana saya yang awalnya belum mengetahui bagaimana membuat blog kini saya dapat membuat blog sebagai sarana belajar mengajar. Besar harapan saya setelah selesai dari Pelatihan IT ke 6 ini dapat terus berkembang dan terus berinovasi agar menjadi lebih baik lagi.

Demikian cerita singkat tentang berbagi pengalaman Pelatihan IT ke 6 TP2G bersama PGRI Kabupaten Lumajang. Sampai ketemu lagi pada tulisan berikutnya tentang materi kedua dan ketiga yang berisi e-tematik, membuat blog secara gratis dan beralih ke blog yang berbayar.

1 komentar:

Soal Remidi

Kerjakan remidi berikut Waktu 3 menit ya... terdiri dari 5 pertanyaan Agar mencapai nilai tuntas, nilai harus diatas 80 Selamat mengerjak...